Pengobatan Thalasemia..

    Pada thalasemia yang berat diperlukan transfusi darah rutin dan pemberian tambahan asam folat.

    Penderita yang menjalani transfusi, harus menghindari tambahan zat besi dan obat-obat yang bersifat oksidatif (misalnya sulfonamid), karena zat besi yang berlebihan bisa menyebabkan keracunan.

    Pada bentuk yang sangat berat, mungkin diperlukan pencangkokan sumsum tulang. Terapi genetik masih dalam tahap penelitian.



    Selama ini belum ada terapi definitif selain transfusi darah, harapan untuk masa depan adalah terapi genetik yaitu memasukkan kembali gen normal untuk hemoglobin ini. Karena umurnya pendek maka produksi dan yang mati tidak seimbang, akibatnya penderita mengalami kekurang sel darah merah. Untuk mempertahankan kondisi yang normal penderita sangat membutuhkan tambahan darah atau yang disebut tranfusi.Dari tranfusi ini timbul pula masalah-masalah lain. Misalnya infeksi, keracunan besi (dari hasil sel darah merah yang rusak). Saat ini pengobatan thalasemia mayor di Indonesia masih berupa transfusi darah, biasanya sekali dalam empat minggu. Anak-anak yang menjalani transfusi biasanya tumbuh normal dan hidup bahagia hingga usia dua puluhan tahun.

    Namun, untuk hidup lama mereka perlu suntikan desferal hampir setiap hari. Soalnya,transfusi darah membuat zat besi menumpuk di dalam tubuh, dan desferal berfungsi membantu mengeluarkan zat besi dari tubuh melalui air seni. Dengan cara ini penderita thalasemia mayor bisa hidup normal dan sehat, bisa bekerja, menikah, dan mempunyai anak-anak.

    Di negara maju, pengobatan terbaru adalah dengan cangkok sumsum tulang. Jaringan sumsum penderita diganti dengan sumsum tulang donor yang cocok-biasanya dari orangtua atau saudara-sehingga mampu memproduksi sendiri sel-sel darah merah yang cukup mengandung hemoglobin. Hanya saja, biayanya memang masih amat mahal.

** Inilah realita dalam kehidupan kita,tak jarang di Indonesia saudara kita yang sudah terkena penyakit ini..
Untuk saudara-saudaraku yang disana,walau saya tidak bisa melihat dan mendoakan kalian semua secara langsung/ bertatap muka,saya berdoa dari sini,agar kalian diberikan kekuatan untuk menjalani ini semua..Hidup ini indah..!! Hidup ini cuma sekali,,walau kita punya kekurangan,,kita masih harus bersyukur karena masih banyak sekali orang diluar sana memiliki penyakit yang lebih kronis dari Thalasemia..

Komentar

  1. klo yang minor ad harapan untuk sembuh total..klo untuk mayor sembuh total presentasinya 1 : 100..tnpa pengobatan dan transfusi darah hanya mampu bertahan 8thn..
    penyebabnya dari penyakit keturunan dan organ tubuh tidak bisa memproduksi hb yg baru..sehingga darah putih lebih banyak hampir sm sprti penyakit leukimia..info lebih lanjut..bisa baca jenis" thalasemia..

    terimakasih..

    BalasHapus
  2. Bisa di sembuhkan kalau mau br usaha maximal...allah turun kan penyakit pasti ada obat nya..
    Coba hub dr yusuf .insyah allah beliau punya solusi ny. Hp beliau 0853-6167-5232

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih banyak ka Fitri..

      Hapus
    2. Trimakasih Kiki fitria... Alhamdulillah kakak saya sudah mencoba untuk br ikhtiar selama 6 bulan dng beliau... Dan Alahamdulilah hasil nya sekarang sudah jauh lebih baik dan sudah di nyatakan sembuh oleh dokter yg selama ini menangani kakak sy di rumah sakit. Alhamdulillah semua ini brkat ijin Allah melalui perantaran obat racikan beliau. Sekali lagi trimakasih atas saran nya.

      Hapus
    3. Mashaa Allah aku baru aktif blog lagi terharu ada yang komentar.. Terimakasih semuanya sudah berkunjung di blogku semoga ada manfaat yang diambil. Semoga keluarga kita sehat semuanya. Aamiin ya Mujibbasailin..

      Hapus

Posting Komentar

Jika ada pertanyaan, masukan saran atau kritik, silahkan diisi kolom komentarnya. Jazakumullah Khairan :)

Postingan populer dari blog ini

Kode Etik Profesi TNI

APA ITU MARKETER ?

Epilepsi Part 3 ( cara menanggulangi + pengobatan )..