Epilepsi Part 3 ( cara menanggulangi + pengobatan )..

Cara Menanggulangi  
jika kebetulan menemukan penderita epilepsi yang tengah "kumat", jangan sekali-kali memasukkan/meletakkan sesuatu ke dalam mulut korban, Jangan memaksa membuka gigi, jangan menahan gerakan saat klonik (kejang).  Biarkan penderita sadar sendiri, tapi terlebih dahulu lindungi kepalanya dengan bantal. Setelah sadar, miringkan tubuhnya dan bantu memulihkan pernafasan. Lalu jangan diberi minum lebih dahulu, karena amat berbahaya bisa tersedak. Untuk pengobatannya serahkan pada dokter spesialis. Lalu minum obat secara teratur (tidak boleh lupa), kemudian hindari kelelahan, kemalaman, kedinginan, kecemasan, dan kelaparan. "Jika semua itu dilakukan sesuai 'aturan main', dipastikan penderita epilepsi bisa sembuh, hidup dan berkembang seperti anak yang normal,"

Pengobatan

Berikut ini adalah nama-nama obat yang dipakai untuk menyembuhkan epilepsi. Semua obat harus dikonsultasikan terlebih dahulu ke dokter.
Carbamazepine, Carbatrol, Clobazam, Clonazepam, Depakene, Depakote, Depakote ER, Diastat, Dilantin, Felbatol, Frisium, Gabapentin, Gabitril, Keppra, Klonopin, Lamictal, Lyrica, Mysoline, Neurontin, Phenobarbital, Phenytek, Phenytoin, Sabril, Tegretol, Tegretol XR, Topamax, Trileptal, Valproic Acid, Zarontin, Zonegran, Zonisamide.
Selain dengan obat, epilepsi juga dapat disembuhkan dengan Ketogenic Diet.
Lidah Buaya Mengobati Epilepsi

Epilepsi sebenarnya merupakan gangguan pada sistem syaraf otak. Penyebabnya beragam. Salah satunya karena benturan,

Terapi awal yang bisa dilakukan di rumah, adalah dengan campuran daun lidah buaya dan es batu. Cari daun lidah buaya secukupnya. Haluskan, kemudian dimasukkan ke dalam panci. Beri es batu, ditambah sedikit garam. Selanjutnya campuran tadi, digunakan untuk mengompres kepala. Lakukan sehari satu kali, selama tujuh hari berturut-turut.


MENCEGAH KEJANG
  • Demam tinggi pada anak dapat diatas dengan cara memberi obat demam dengan penurun panas dan kompres dengan lap hangat (lebih kurang panasnya dengan suhu badan si kecil) selama kurang lebih 15 menit, bila mencapai 38.5 derajat celcius atau lebih
     
  • Jangan melakukan pengkompresan dengan lap yang dingin, karena dapat menyebabkan korslet di otak (akan terjadi benturan kuat karena atara suhu panas tubuh si kecil dengan lap pres dingin)
     
  • Kalau dinyatakan epilepsi, segera minum obat resep dokter secara teratur
     
  • Sediakan obat anti kejang lewat dubur di rumah jika kejang membuat anak tidak mungkin meminum obat.
    sedia selalu obat penurun panas di rumah seperti parasetamol.

    NB : Sebaiknya untuk penderita penyakit ayan atau epilepsy tidak di perbolehkan mengkonsumsi otak, jeroan, lemak dan telur.
     
    ** Aku yakin,,dibalik semua ini ada hikmah nya..setidaknya rasa sakit ini bisa menebus dosaku..amiin

    Dari Epilepsi Part 1,2,3 terdapat  sumber data sbb : 
    1. http://id.wikipedia.org/wiki/Epilepsi
    2. http://bima.ipb.ac.id/~anita/anak_kena_epilepsi.htm
    3. http://cuek.wordpress.com/2009/05/31/penyakit-ayan-epilepsi-dan-solusinya/

Komentar

  1. anak saya kambuhnya pada kondisi kecapaian, terlalu mikir tapi anehnya kambuhnya pada waktu mereka sedang tidur ?

    BalasHapus
  2. saya juga begitu sis,,terkadang syarafnya bergetar ketika sedang istirahat..klo udah parah smpai kejang"..langsung bawa ke rs lg dan cek secara berkala untuk kesehatannya.. :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Jika ada pertanyaan, masukan saran atau kritik, silahkan diisi kolom komentarnya. Jazakumullah Khairan :)

Postingan populer dari blog ini

Kode Etik Profesi TNI

APA ITU MARKETER ?