Dasar Pemasaran

      Untuk tugas mata kuliah Dasar Pemasaran( Bentuk Usaha Yang Unik ) kali ini kami membahas tentang BASKOM ( Baso Komplit )..
      Alamat cabang BASKOM yang kita teliti berada di Jl.Galaxy Raya no.7D samping BANK BNI Perum.Galaxy Bekasi Selatan.

   Adapun hasil yang kami peroleh adalah sebagai berikut :
   - BASKOM terbuat dari 100% daging sapi asli
   - BASKOM berdiri dari tahun 2007
   - Pemilik BASKOM adalah Bpk. Suprianto yang akrab di panggil Bpk.Anto
   - BASKOM berdiri di cabang Galaxy ini sudah dari bulan agustus 2008
   - Untuk makanan pelengkap ( seledri,bawang goreng,saus,sambal ) customer mengambil sendiri untuk  kepuasan lidah konsumen.
   - Karyawan yang terdapat di cabang galaxy terdapat 2 orang dan pekerjaan mereka di lakukan tanpa adanya shift
   - Jam buka BASKOM adalah dari jam 10.00 s.d 22.00
   - Makanan baso yang di sajikan tersusun  rapi seperti makanan prasmanan dan kita bebas memilih.
   - Terdapat layanan pesan antar di setiap outlet
   - Melayani Pesan Antar, Resepsi Pernikahan,Rapat,Seminar,Ulang Tahun,dll


MENU-MENU BASKOM :
1. Baso torpedo
menu yang baru dikeluarkan yang isinya torpedo, dengan harga Rp.5000 per butir.

2. Tahu gonjreng
Tahu yang digoreng dengan bumbu-bumbu yang spesial dengan harga Rp. 3000 per porsi.

3. Baso sum-sum
Baso sumsum adalah sumber kekuatan kalsium dan zat besi. Konsumsi jumlah yang sukup bermanfaat bagi kesehatan tulang, gigi, dan jantung. Mencegah osteoporosis, menormalkan tekanan darah,dan mencegah penyakit jantung dll. Harga Rp 6.000 per butir.

4. Baso hot barbeque
Baso yang berisi daging sapi pilihan dengan rasa barbeque. Harga Rp. 5000 per butir.

5. Baso keju
Harga Rp 6.000 per butir.

6. Baso goreng
harga Rp 5.000 per porsi.

7. Baso tahu putih
harga Rp 5.000 per butir.

8. Baso daging
Rp 3.000 per butir.

9. Baso telur
Rp 6.000 per butir

10. Baso telur ikan tuna
Harga Rp 6.000 per butir.

11. Baso urat
Harga Rp 3.000 per butir.

12. Baso udang
Rp 5.000 per butir.


Gambar diatas menunjukkan beberapa foto outlet BASKOM.

Produksi BASKOM ini terdapat di :
- Jl. Karang Satria Kp Cerewet, Duren Jaya Bekasi Timur,tlp ( 021 ) 70405018

BASKOM sudah mempunya beberapai outlet yaitu :
- Jl. Pramuka Raya No.1E jembatan O Rawalumbu Bekasi Timur, Tlp ( 021 ) 91266070
- Jl. Galaxy Raya No.7D samping BANK BNI Perum.Galaxy Bekasi Selatan, Tlp( 021 ) 8203817
- Jl. Raya Caman Kav.15 Giant Caman Jati Bening - Pondok Gede, Tlp ( 021 ) 86900189
- Jl. Karang Satria Kp Cerewet, Duren Jaya Bekasi Timur, Tlp ( 021 ) 70405018
- Jl. Ayip Usman No.78 Serang ( Bintang Futsal ) depan Perum.Bumi Agung I, Tlp ( 0254 ) 207119
- Jl. Jenderal  Ahmad Yani No.107 Cilegon, Tlp ( 0254 ) 7120996

     Untuk Pemasaran BASKOM sendiri berawal dari mulut ke mulut konsumen, terdapat brosur yang berada di setiap outlet,penyebaran brosur dan adanya panggilan layanan untuk acara kecil sampai besar.


ANALISIS LINGKUNGAN

    Kami akan menguraikan hal-hal apa saja yang menjadi kekutatn,kelemahan, peluang dan ancaman pada bentuk usaha yang kami pilih.

A. Kekuatan
    - Sudah banyak outlet yang tersebar
    - Lokasi strategis di ruko-ruko perumahan dan di pinggir jalan
    - Harga sesuai dengan jumlah porsinya
    - Cita rasa yang cukup lezat
    - Makanan dengan berbagai varian membuat konsumen penasaran dan kembali lagi untuk menikmatinya
    - Adanya 2 tempat untuk konsumen memilih ditempat no smooking atau smooking area yang memberikan  kenyamanan tersendiri pada konsumen
    -  Meracik pelengkap Baso seperti seledri,bawang goreng,saus,sambal,konsumen mengambil sendiri di tempat yang sudah tersedia sesuai selera

B. Kelemahan
    - Hanya terdapat 2 karyawan yang bekerja seharian di tempat yang cukup luas
    - Karyawan mencakup semua pekerjaan yang ada di sana
    - Tempat llahan parkir kurang besar untuk konsumen
    - Baso yang disajikan kurang panas,karena yang dipanaskan hanya air kuahnya saja
 
C. Peluang
    - Cita rasa yang cukup lezat dan menu varian yang unik membuat konsumen terus berdatangan
    - Promosi yang dilakukan sudah cukup luas
    - Menyediakan layanan pesan antar yang masih jarang digunakan pesaing Baso yang lain
    - Walaupun persaingan kuliner seperti baso banyak tapi yang membedakannya adalah isi varian baso tersebut yang membuat konsumen mencari keunikan tersendiri

D.Ancaman
    - Pada siang hari kurangnya pengunjung yang  datang,ini membuat turunnya omzet pada owner
    - Harga yang cenderung lebih mahal tiap butir basonya bisa membuat konsumen mencari kuliner alternatif y ang lebih lezat dan unik
    - Pesaing baso sudah cukup banyak sehingga harus lebih unggul dan beda dalam produksi menunya

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kode Etik Profesi TNI

APA ITU MARKETER ?

Epilepsi Part 3 ( cara menanggulangi + pengobatan )..