Dasar Pemasaran IV

Tugas ini kami kerjakan untuk memenuhi tugas Dasar Pemasaran yang ke-4..

  • Analisis 5 produk yang menurut kami sangat familiar dimasyarakat umum :


1. Coca-cola : Menurut kami produk ini sangat dikenal masyarakat dari golongan bawah sampai atas dikarenakan minuman ini sangat terkenal di Indonesia bahkan di Mancanegara dengan kualitas baik,harga terjangkau dan mempunyai cita rasa tersendiri serta mudah diingat oleh masyarakat.


2. Indomie : Menurut kami produk ini sangat dikenal oleh masyarakat dari golongan bawah sampai atas dikarenakan makanan ini hampir selalu di konsumsi oleh masyarakat Indonesia. Dari kualitas yang baik dan harga terjangkau serta pelafalannya sangat mudah diucapkan dan di ingat serta mudah di dapat di toko,warung atau supermarket.



3. Adidas : Menurut kami produk ini sangat dikenal oleh masyarakat,apalagi yang cinta olah raga. Harganya pun sangat bervariasi dan masih terjangkau bagi masyarakat umum. Produk ini sangat mudah dikenali oleh pemakainya dan juga mudah diingat namanya.








4.Honda (Motor) : Menurut kami produk ini sangat dikenal oleh masyarakat,alasannya karena honda mempunyai hati tersendiri bagi pemakainya.Itu di dukung karena honda lebih variatif untuk desain motor dan gaya motornya dan juga harganya tidak kalah mahal dengan yang lain dan masih bisa terjangkau bagi masyarakat umum.Dan tak luput dari mudahnya diingat oleh pemakainnya dan mempunyai ciri tersendiri bagi pemiliknya.



5. Rinso : Menurut kami produk ini sangat dikenal oleh masyarakat,alasannya produk dari Unilever ini sangat familiar di masyarakat terutama ibu-ibu karena produk ini sudah lebih dari 10 tahun setia menemani konsumennya dengan berbagai variasi produk yang baru.Untuk harga sangat terjangkau dijual dari sachet,1kg,2kg,bentuk karton,dll,dan juga sangat mudah diingat dan dihafalkan.




  • Analisis 5 produk yang menurut kami kurang familiar dengan konsumen dari golongan masyarakat bawah :
 1. Peugeot : Menurut kami produk automotif ini di kenal bagi sebagian masyarakat dikarenakan kualitas mobil yang baik.Akan tetapi untuk masyarakat bawah produk ini mungkin bisa di bilang asing karena pelafalannya yang cukup rumit yang cukup sulit untuk diucapkan bagi sebagian masyarakat yang belum mengenal mobil ini.







2. BreadTalk : Menurut kami produk kue ini sangat familiar di masyarakat terutama masyarakat yang sering ke mall. Harganya pun cukup terjangkau, dan dapurnya pun terbuka agar konsumen dapat melihat cara pembuatannya. Akan tetapi untuk kalangan bawah,pelafalan nama kue ini cukup sulit diucapkan.


3. Marcks : Menurut kami produk bedak ini sangat familiar dan populer di era 80-90an. Harganya pun terjangkau. Akan tetapi untuk pelafannya cukup sulit untuk diucapkan.




4. Lee Cooper : Menurut kami produk fashion ini sangat familiar dan populer bagi sebagian kalangan masyarakat.Akan tetapi tidak semua mampu membeli produk fashion ini dikarenakan harganya cukup mahal dan juga pelafalan katanya yang sulit diucapkan dan toko nya berada di tempat -tempat tertentu.


5. Rip Curl : Menurut kami produk fashion mulai dari tas,topi,baju,kacamata,dll ini cukup familiar bagi masyarakat kalangan menengah ke atas.Akan tetapi kurang familiar bagi masyarakat golongan bawah karena produk ini hanya dijual di mall-mall yang cukup besar. Dan juga harganya tergolong cukup mahal bagi masyarakat golongan bawah. Dan juga pelafalan pengucapannya sulit untuk di ucapkan.

  • Analisi 1 produk sesuai dengan kriteria mata kuliah Dasar Pemasaran :
1. Bahan : terbuat dari jeruk terbaik dan sari buah + sayuran pilihan dalam kombinasi berimbang dan bernutrisi dalam rangkaian nutrisari jeruk dan nutrisari fruits and vegetables mix.
2. Warna kemasan sangat sesuai dengan isinya dikarenakan warna dan gambar pada kemasan disesuaikan dengan isi yang ada di dalam kemasan.Yang terdiri dari buah-buahan dan sayuran.
3. Kemasan : kemasan nutrisari sangat banyak,mulai dari sachet ( dalam bentuk bubuk ),kerdus ( dalam bentuk bubuk ),botol karton ( dalam bentuk cair ),dan botol ( dalam bentuk bubuk ) sehingga sangat praktis dan dapat disesuaikan oleh kebutuhan para konsumen.
4. Ramah Lingkungan : karena semua bentuk kemasan dapat di gunakan kembali menjadi sebuah kerajinan atau daur ulang sehingga kemasan nutrisari ini sangat ramah lingkungan.
5. Ekonomis : harga nya sangat ekonomis disesuaikan dengan ukuran dan kebutuhan para konsumen. Dan mudah dalam pembuatannya.
6. Informasi : Informasi yang diberikan oleh nutrisari sudah lengkap,mulai dari takaran persaji, kandungan-kandungan nutrisi,khasiatnya,anjuran minum,peringatan,layanan konsumen,kode produksi dan tak lupa dengan tanggal kadaluarsa.

Demikian Analisis produk dari kelompok kami untuk tugas Dasar Pemasaran.

*Nama kelompok : 
1. Desta Yusan KP
2. Linda Oktavianti
3. Putranti Mumpuni 
*Kelas : 1 EB 23

Komentar

  1. lainnya yg familiar:
    - toothpaste merk Odol, saking familiarnya merk Odol disalahartikan sebagai 'pasta gigi' bukan 'merk pasta gigi'
    - Pepsodent jg toothpaste yg familiar di Indonesia.
    - Aqua, sampai hampir semua org nyebut air putih itu aqua walau merknya bukan aqua.
    - Baygon, jarang ada yg nyari obat nyamuk pake nama 'hit' atau lainnya walau ujung2nya nyari merk lain, tp diganti jd 'baygon'

    gak kepikiran apa lagi brand yg sampe mendominasi pikiran masyarakat :D

    BalasHapus
  2. betul betul betul bu... :)
    trnyata dirimu ini perhatian sma blog saya..hahaa :D
    oiaa bb ku mau d jual jd maaf ga bisa bbm-an..

    BalasHapus
  3. hehe iya kalo update suka diliat kok ^^
    say, bb gue juga ilang, jadi kalo nanti ada bb lg add bb pin yg baru yah 2349F7DA.. hehe.. :)

    BalasHapus
  4. udag di add neng..accept ya.. :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Jika ada pertanyaan, masukan saran atau kritik, silahkan diisi kolom komentarnya. Jazakumullah Khairan :)

Postingan populer dari blog ini

APA ITU MARKETER ?

Epilepsi Part 3 ( cara menanggulangi + pengobatan )..

Kode Etik Profesi TNI