Pelanggaran Etika

Assalamu'alaikum 
Saya akan menuliskan beberapa peristiwa/kejadian yang menurut saya ini pelanggaran etika
Tujuannya saya share disini adalah selain tugas mata kuliah softskill dan pelajaran bagi kita saya dan juga pembaca blog saya karena ada hal sedikit saja yang terkadang kita tidak menyadari bahwa apa yang kita lakukan terkadang membuat orang lain tidak nyaman. Yuk disimak :)

Minggu, 6 Oktober 2013

Hari minggu ini tidak banyak melakukan aktivitas diluar ruangan atau diluar rumah. Sehingga saya tidak terlalu banyak mendapati pelanggaran etika disekeliling saya, tapi rasanya ada etika yang kurang baik yang saya lakukan sendiri. Malu pastinya terdapat tugas untuk menganalisa dan mencatat pelanggaran etika yang ternyata dilanggar sendiri walaupun pelanggaran dirumah tidak terlalu besar.
Ya, setiap sabtu - minggu walaupun dirumah memakai jasa asisten rumah tangga tetap kami harus mengerjakan sendiri apa yang bisa dikerjakan, misal : merapihkan tempat tidur, mencuci piring, menyapu, dan mengepel. Lalu apa yang dikerjakan asisten rumah tangga ? banyak hal selain daripada membersihkan rumah dikarenakan ada baby dirumah saya, jadi kerjaan bude (sebutan kami untuk asisten rumah tangga dirumah) cukup capek dan kami memang tidak dikenankan untuk manja atau bergantung dengan bude.
Tetapi, hari minggu ini saya tidak melakukan apa yang biasa saya lakukan. Yang saya lakukan hanya santai-santai dengan nonton tv dan mencuci piring sehabis saya makan sendiri. ( Hal ini jangan ditiru ya ). Terkadang saya masih bergantung dengan orang yang ada dirumah. :D 

Senin, 7 Oktober 2013

Perkuliahan terjadi seperti biasa mulai pukul 09.00 sampai dengan siang hari pukul 14.30. Jadwal hari ini saya berada dikampus kemang dan saya berangkat bersama teman saya. Seperti yang kalian tahu senin adalah awal hari yang biasanya sangat macet dipagi hari dan benar saja sayan berangkat pukul 08.00 sampai sana pukul 09.00 untung saja ketika saya masuk dosen belum datang, jika sudah ada saya telah melanggar etika yaitu dosen datang lebih dulu daripada mahasiswinya. hihii :)

Ada beberapa yang saya tangkap etika untuk hari ini terutama dijalanan. Kendaraan di Bekasi sangat banyak ditambah dengan kesabaran masyarakatnya yang kurang, dapat dilihat dari banyaknya kendaraan yang tak mau mengalah 1 sama lain, padahal jalanan hanya cukup untuk 2 kendaraan yang saling berlawanan arah. Alhasil macetpun tidak bisa dihindari, kendaraan bermotor terus memadati jalan sehingga dari jalan satunya tertutup. Memang semuanya mengejar waktu untuk sampai ketempat tujuan. Tetapi lebih baik antri dijalan yang seharusnya, bukan menyalip dan menutupi jalan lain sehingga dampak macet terjadi kepada semua pengguna jalan. Lebih sabar dan tertib akan lebih baik. :)

Oiya ada 1 hal lagi yang menurut saya ini penting, entah kampus saya yang terlalu banyak mahasiswanya atau lahan parkir yang tisak memadai bagi semua mahasiswa. Seperti keduanya saling berhubungan, bertambahya mahasiswa setiap tahunnya akan menyebabkan lahan parkir yang lebih luas itu masuk dalam logika. :D
Tapi sayang sekali jika loby kampus dipakai untuk lahan parkir, sehingga mengganggu mahasiswa/dosen yang lalu lalang disekitar kampus, yang dulunya bisa digunakan untuk duduk - duduk mengerjakan tugas atau sekedar berbincang - bincang. Semoga kedepannya ada penanggulangannya. :)

Selasa, 8 Oktober 2013
Selasa tanggal 8 adalah pertama kali saya masuk kuliah dikarenakan sakit, padahal perkuliahan sudah memasuki minggu ke - 3. Masih ditempat yang sama, saya kuliah di kampus Kemang Bekasi dan masih pelanggaran yang sama yaitu kurangnya lahan parkir untuk mahasiswa atau dosen sehingga menggunakan koridor bahkan loby kampus untuk lahan parkir, sayang sekali, PAdahal dapat digunakan untuk hal lain selain lahan parkir. 

Hari ini cuaca mendung dan pada saat jam pulang sekitar jam 14.30 hujan turun, saya yang sudah jalan arah ke Kota Jakarta Pusat harus meneduh tidak jauh dari tempat kampus saya. Setelah hujan reda saya melanjutkan perjalanan. Disaat jalanan banyak lubang dan banyak genangan air membuat pengendara mobil atau motor tidak hafal mana jalanan berlubang/tidak. Sayangnya hanya sedikit diantara mereka yang menghormati kami sebagai pengguna jalanan dengan kendaraan roda dua. hmm paham kan ? ya, mereka yang menggunakan mobil seringkali tidak mengontrol gas kendaraan mereka sehingga pengguna jalan selain kendaraan roda 4 kena imbasnya yaitu kecipratan air genangan, menurut saya ini etika yang kurng biak, sebaiknya bisa lebih sabar dan melihat disekeliling apakah ada pengguna jalan lain atau tidak sehingga berkendarapun bisa lebih berhati-hati.
Rabu, 9 Oktober 2013
Hari ini ada tambahan jam perkuliahan, tetapi saya tidak datang dikarenakan ada ujian dari kantor. Selesai ujian dikantor saya pergi untuk menanyakan bazar didekat perumahan saya. Saya tanya dari pedagang 1 ke pedagang lainnya. Ada yang menjawab dengan sopan tetapi ada juga yang tidak mau menjabat tangan. Inilah salah satu contoh kecil yang menurut saya beretika yang tidak baik, disaat tangan diulurkan untuk berkenalan tetapi orang lain malah terus berbicara dan tidak mau berjabat tangan. 

Buat pelajaran bagi saya dan teman - teman yang lain tidak ada salahnya kita berbuat baik atau membalas jabatan tangan tanda pengenalan identitas diri kepada orang lain :)
Kamis, 10 Oktober 2013
Hari ini jadwal libur kuliah saya, dirumah hanya melakukan kegiatan membantu pekerjaan rumah seperti biasa. Tetapi saya melihat disekitar perumahan saya yang bertuliskan hati-hati maksimal 20km/jam untuk kendaraan roda dua/roda empat dikarenakan untuk kenyamanan bersama dan banyak anak kecil yang bermain. Tetapi masih saja ada yang belok antar blok dengan ngebut, itu kan bisa menyebabkan hal - hal  yang tidak diinginkan apalagi disetiap putaran blok tidak dipasangi cermin sehingga tidak terlihat ada kendaraan lain atau orang yang sedang melintas. Dan juga setiap malam masih ada saja yang memasuki gerbang cluster perumahan saya dengan tidak mematikan lampu kendaraan padahal sudah dituliskan etika berkendara pada malam hari pada saat memasuki gerbang, ini saya lihat pada saat saya hendak keluar gerbang. Semoga kedepannya bisa lebih sadar pentingnya mematuhi aturan yang sudah diberlakukan. :

Nah, itu beberapa cerita saya tentang pelanggaran etika disekitar kita. Ada baiknya kita sendiripun sadar akan pentingnya etika kita diluar ataupun didalam rumah. Sayapun masih harus banyak belajar. Semoga tulisan saya kali ini bermanfaat.
Wasssalamu'alaikum..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

APA ITU MARKETER ?

Epilepsi Part 3 ( cara menanggulangi + pengobatan )..

Kode Etik Profesi TNI